" />
Home Sains Perlambat Waktu Berhargamu dengan Dua Cara Ini!

Perlambat Waktu Berhargamu dengan Dua Cara Ini!

Dua cara mudah untuk memperlambat jalannya waktu.

Beritaluarnegeri.com (Inggris) – Semakin dewasa, kita akan merasa waktu akan cepat berlalu. Biasanya, waktu akan terasa lebih cepat jika kita sedang melakukan sesuatu yang disukai.

Sebenarnya, waktu berjalan seperti biasanya. Namun, perbedaan pandangan kita terhadap waktu membuatnya terasa berjalan lebih cepat, terutama ketika beranjak dewasa, ketika kita memiliki sedikit pengalaman baru.

Psikolog Steve Taylor menulis sebuah buku yang berjudul Making Time. Dalam bukunya, Steve menjelasakan hukum dasar waktu secara psikologi.

Salah satunya mengenai waktu yang berlalu lebih cepat seiring bertambahnya usia. Dia juga menulis bahwa waktu tampak berjalan lambat ketika kita dihadapkan dengan lingkungan dan pengalaman baru.

Kedua hukum itu disebabkan oleh faktor mendasar yang sama, yaitu hubungan antara pengalaman tentang waktu dan jumlah informasi yang diproses oleh pikiran. Semakin banyak informasi yang diterima, semakin lambat pula waktu berjalan.

Berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperlambat waktu jika kamu merasa waktu berlalu dengan cepat.

Pertama, kita bisa memulainya dengan mencoba hal-hal baru. Dengan keluar dari zona nyaman, kita dapat memperlambat waktu.

Kita bisa mengeksplorasi diri dengan hal atau pengalaman baru, seperti bertemu dengan orang baru, hobi baru, menjelajahi tempat-tempat baru, melakukan pekerjaan baru, atau mencoba hal lain yang belum pernah dicoba sebelumnya.

Dan kedua, fokus dengan apa yang dikerjakan. Berikan perhatian penuh terhadap yang sedang dilakukan. Jangan memikirkan hal lain ketika sedang melakukan sesuatu dapat membantu memperlambat waktu.

Misalnya dalam hal sederhana, ketika perjalanan pulang dari kerja menggunakan kendaraan umum atau berjalan kaki, fokuskan diri terhadap lingkungan sekitar melalu panca indra kita. Melihat langit, rumah-rumah dan bangunan yang dilewati, mencium bau masakan kaki lima di sepanjang jalan, atau mewaspadai lingkungan.

Selain dapat membuat waktu terasa lebih lambat, kita juga bisa menemukan kesenangan dari hal-hal sederhana seperti itu. Sikap terbuka dan waspada memiliki efek luas terhadap waktu, karena otak lebih memperhatikan pada jumlah informasi yang didapatkan.

Tulisan ini dilansir dari popsci.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

[/tdc_zone]