Home Sains Mnyamawamtuka, Jenis Baru Titanosaurus yang Berekor Hati

Mnyamawamtuka, Jenis Baru Titanosaurus yang Berekor Hati

Spesies baru dinosaurus ini memiliki tulang ekor berbentuk hati.

Beritaluarnegeri.com (Afrika) – Jenis baru dinosaurs berleher panjang dengan tulang ekor berbentuk hati ditemukan oleh para ilmuwan. Penemuan ini memambah pengetahuan kita mengenai dinosaurus.

Penemuan dino baru ini dapat membantu para ahli paleontologi untuk menganalisis seberapa besar kelompok dinosaurus yang disebut titanosaurus ini berkembang di Bumi selama Zaman Kapur.

Dinosaurus itu bernama Mnyamawamtuka moyowamkoa, berasal dari bajasa Swahili yang berarti hewan Mtuka dengan ekor berbentuk hati. Mtuka adalah dasar sungai di Tanzania tempat fosil-fosilnya ditemukan.

Fosil berusia 100 tahun ini ditemukan pada tahun 2004. Para ahli membutuhkan waktu bertahun-tahun di lapangan untuk menyelesaikan penggalian.

Mereka berhasil menemukan tulang punggung, bahu, dan kaki, bersama dengan sisa-sisa tulang leher, pinggul, ekor dan lengannya. Sayanganya, tengkorak hewan itu tidak dapat ditemukan.

Bagi Eric Gorscak dari Universitas Midwestern Dan Patrick O’Connor dari Universitas Ohio, bagian-bagian fosil tersebut cukup untuk menjadi bahan analisis dan perbandingan dengan spesies dinosaurus yang sama. Rincian penemuan ini dipublikasikan di Plos One pada bulan Februari 2019.

Penemuan fosil dinosaurus lainnya menghambat penelitian Mnyamawamtuka, sehingga memakan waktu 15 tahun untuk dapat dipublikasikan. Seperti studi tentang Rukwatitan dan Shingopana, dua titanosaurus yang juga ditemukam di Tanzania.

Kerangka Mnyamawamtuka yang ditemukan adalah milik titanosaurus yang masih kecil, sehingga ukuran Mnyamawamtuka dewasa tidak dapat ditentukan. Kaki belakangnya kurang lebih setinggi rata-rata tinggi manusia, dan memiliki berat sekitar satu ton.

Ciri-ciri khas Mnyamawamtuka memiliki lempeng strenum kecil (tulang dada), karakteristik yang sama seperti jenis titanosaurus yang ditemukan sebelumnya, termasuk bentuk gigi yang berbeda. Kemudian memiliki tulang ekor berbentuk hati yang berada di tengah dari tulang belakang.

Menurut penilitian geologi terkait, Mnyamawamtuka hidup di sepanjang dataran berair atau delta sungai. Sauropoda berkaki empat dan panjang, dinosaurus theropoda karnivora, kura-kura, buaya hidup bersama hewan berekor hati ini.

Penemuan titanosaurus di Afrika menjadi sorotan baru dalam dunia fosil hingga saat ini, setelah sebelumnya hanya ditemukan di Amerika Selatan.

Penemuan ini dapat menjadi batu loncatan yang bagus untuk Penelitian di masa depan. Membantu para ahli untuk lebih memahami bagaimana hewan-hewan ini berevolusi sebagai respon terhadap perubahan lingkungan.

Tulisan ini dilansir dari popsci.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

WalletHub: 10 Kota Terbaik AS untuk Memulai Bisnis di 2019

Inilah 10 kota terbaik di Amerika untuk membuka startup bisnis. Beritaluarnegeri.com (Amerika) - Mayoritas pemilik usaha kecil di...

Melirik Pulau Banwa, Resor Termahal di Dunia

Banwa, Pulau Wisata Termahal di Dunia Ada di Filipina. Beritaluarnegeri.com (Filipina) - Banwa Private Island merupakan wisata...

Rutinitas Orang Sukses yang Dilakukan Sebelum Jam 7:30 Pagi

6 Rutinitas Sederhana yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Jam 7:30 Pagi Beritaluarnegeri.com (Amerika Serikat)- Orang-orang sukses datang dari...

Perlambat Waktu Berhargamu dengan Dua Cara Ini!

Dua cara mudah untuk memperlambat jalannya waktu. Beritaluarnegeri.com (Inggris) - Semakin dewasa, kita akan merasa waktu akan cepat...

Mnyamawamtuka, Jenis Baru Titanosaurus yang Berekor Hati

Spesies baru dinosaurus ini memiliki tulang ekor berbentuk hati. Beritaluarnegeri.com (Afrika) - Jenis baru dinosaurs berleher panjang dengan...