" />
Home Internasional Tingkatkan Daya Ingat dengan Teknik Juara Memori Dunia

Tingkatkan Daya Ingat dengan Teknik Juara Memori Dunia

Teknik Juara Memori Dunia Bisa Digunakan untuk Meningkatkan Daya Ingat

Beritaluarnegeri.com (Amerika) – Teknik kuno yang digunakan oleh juara memori dunia dapat juga digunakan oleh Anda untuk meningkatkan daya ingat.

Lebih dari 2.000 tahun lalu, penyair Yunani kuno Simonides dari Ceos mengembangkan cara-cara untuk meningkatkan daya ingat, yang dikenal dengan membangun istana memori. Nama teknik kuno itu adalah mnemonik

Saat ini, tekniknya tetap menjadi favorit bagi mereka yang ikut dalam Kejuaran Memori Dunia. Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan oleh jurnal Neuron, cara kuno ini dapat digunakan oleh siapa saja. Faktanya, hanya dengan latihan beberapa minggu setiap harinya selama 30 menit dapat memiliki efek yang mengagumkan dan membuat ingatan lebih bertahan lama.

Tujuan dari sesi latihan adalah untuk menghafal kosakata atau daftar yang berisikan kata-kata. Caranya dengan berjalan di suatu tempat di sekitar kita seperti dapur atau kamar tidur dan membayangkan atau mengkhayakan benda-benda yang dapat mewakili satu kata tersebut ditempat-tempat tertentu.

Misalnya, jika harus mengingat kata matahari, Anda dapat membayangkan sedikit matahari di atas pemanas. Atau Anda harus menghafal kata-kata berikut: Andi, Kucing, Semut, Amerika. Kaitan mnemonik kata-kata tersebut menjadi Andi berperang melawan kucing dan mengubahnya menjadi Semut. Lalu Semut itu pergi ke Amerika.

Kunci utama dari mnemonik adalah semakin aneh bayangan Anda terhadap benda tersebut, semakin baik pula ingatan yang akan menempel di memori otak. Seperti yang ditunjukkan oleh penelitian, mempraktikan mnemonik dari waktu ke waktu secara perlahan dapat membangun koneksi di otak dan meningkatkan daya ingat.

Para peneliti tersebut membawa 23 atlet ingatan terbaik di dunia dan memberi mereka wktu 20 menit untuk mengingat 72 kata benda secara acak. Hasilnya para atlet dapat mengingat 71 atau 72 kata.

Sebaliknya, untuk orang-orang yang tidak terlatih atau baru pertama kali dengan usia yang hampir relatif sama, mereka hanya bisa mengingat 26 kata. Setelah enam minggu sesi latihan setiap harinya selama 30 menit, hasilnya dua kali lipat dari hari pertama, yaitu 62 dari 72 kata yang harus diingat.

Ketika para peneliti memindai otak orang-orang tersebut, mereka menemukan bahwa setelah enam minggu berlatih, otak mereka telah membangun koneksi yang menyerupai para atlet. Para peneliti percaya bahwa teknik ini sangat efektif karena otak pandai dalam mengingat informasi visual.

Mnemonik tidak membuat kapasitas memori menjadi bertambah lebih besar, tapi Anda menggunakan bentuk memori berbeda yang sudah memiliki kapasitas besar, yang disebut dengan istana memori tadi.

Tulisan ini dilansir dari CNBC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

[/tdc_zone]