" />
Home Teknologi Leslie Dewan, Ahli Nuklir Muda Membuat Riset Clean Energy

Leslie Dewan, Ahli Nuklir Muda Membuat Riset Clean Energy

Leslie Dewan ingin menciptakan kembali teknologi dari tahun 1960 untuk mengatasi masalah perubahan iklim pada zaman sekarang.

Beritaluarnegeri.com (Amerika)- Leslie Dewan (34) seorang penjelajah baru National Geographic yang bergelar Ph. D. teknik nuklir, sedang mencari tenaga nuklir terbaru untuk menangani perubahan iklim pada zaman sekarang ini.

Ia ingin menghidupkan kembali reaktor lelehan garam yang di desain pada tahun 1960-an yang diharapkan dapat menghidupkan kembali energi nuklir sebagai alat lingkungan yang dapat mengasilkan listrik kuat bebas karbon dan lebih murah dari batubara.

Leslie merancang sebuah perangkat untuk mengetahui kehidupan masa lalu di Mars.

Leslie dan Mark berharap dapat membangun mesin reaktor sendiri tetapi perusahaan yang mereka dirikan masih sangat kecil sehingga tidak memiliki kapasitas yang memumpuni. Bahkan mereka telah membuat desainnya dan disebarkan secara gratis. “Kami ingin menunjukannya ke dunia, sehingga semua orang bisa menggunakannya,” ungkapnya.

Sebelum kecelakaan di Three Mile Island dan Chernobyl, reaktor garam cair tampak terlalu mahal dan aman daripada yang diperlukan. Leslie bersama Mark Massie, sesama lulusan MIT atau Massachusetts Institute of Technology, memperbaharui desain dengan teknologi modern dan material yang dapat menjaga fitur keamanan dan menghemat biaya.

Tidak seperti model sekarang, reaktor garam cair menggunakan cairan garam uranium sebagai bahan bakar yang memungkinkan untuk mengekstrasi hasil tambahan fisi dengan lebih mudah.

Model tersebut memiliki sistem pertahanan yang kuat ketika mesin tersebut kehilangan daya listrik, sehingga minim terjadi kecelakaan. Jika terjadi, kecil kemungkinannya untuk meledakkan radiasi karena reaktor beroperasi pada tekanan atmoster dan menghabiskan separuh bahan bakar serta menghasilkan sedikit limbah.

Tulisan ini dilansir dari nationalgeographic.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

[/tdc_zone]